Uji Sampel Takjil di Pasar Tradisonal Sentral Pekkabata dan Wonomulyo, BPOM Nyatakan Aman Dikomsumsi

  • Bagikan

PolMan_WartaAmperak.com === Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan intensifikasi pengawasan dan uji sampel Produk pangan dan jajanan takjil menu berbuka puasa, di pasar tradisional sentral pekkabata, selasa(19/3/24)

Tim BPOM Mamuju ini, melakukan uji sampel dalam rangka memastikan Takjil menu buka puasa di pasar sentral ini tidak mengandung bahan berbahaya dan layak konsumsi.

Agar tidak merugikan pedagang, sampel makanan yang di ambil tersebut di beli oleh petugas BPOM untuk dilakukan uji lab. di tempat yang telah di siapkan.

“Saat ini kita berada di pasar sentral pekkabata guna melakukan pengawasan dan pemeriksaan produk makanan dan jajanan takjil. kegiatan ini sudah menjadi rutinitas kita setiap tahun, di saat bulan Ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri” ujar Suliyanto Kepala BPOM Mamuju.

Ditambahkan, sebelunnya, kami sudah melalukan sampling di pasar tradsisional Wonomulyo yang keberadaanya mash di Kabupaten Polman.

“Disana kita juga melalukan Simpling untuk kita lakukan uji terhadap beberapa sampel Takjil,” jelasnya.

Jumlah sampling jajanan takjil yang di pasar Womomulyo ada 7 sampel dan di pasar sentral pekkabata ada 22 sampel dengan total 29 sampel.

“Ahamdulillah dari 29 junlah sampel yang kita ambil iru semuanya haasilnya negatif jadi tidak mengandung formalin, boraks, atau bahan berbahaya lainnya.”

“Jadi masyarakat di Polewali Mandar kalau mau membeli takjil di Pasar Sentral ini. berdasarkan uji sampel kita nyatakan sudah aman cuman dari pantauan kami masih ada beberapa pedagang yang belum menerapkan pola kebersihan dengan baik,” terangnya .

Suliyanto berharap agar pedagang bisa berdagang dengan kondisi lapak dan keadaan sekitar yang bersih biar jajanannya, kebersihannya tetap terjaga. (Aco Metro).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *