Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama Jelang Pemilu 2024, FKUB PolMan Gelar Sosialisasi Dan Dialog Lintas Agama

  • Bagikan

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama kabupaten Polewali Mandar H. Lahida (berdiri)

PolMan_WartaAmperak.com=== Jaga kerukunan demi keutuhan antar umat beragama jelang  perhelatan pesta demokrasi pemilu 2024 mendatang, FKUB PolMan (Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Polewali Mandar)  menggelar Sosialisasi dan Dialog Lintas Agama.

Kegiatan tersebut diadakan di Kantor FKUB Polman yang terletak  di Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali, Selasa (6/6/2023).

H. Lahida Ketua FKUB Polman mengatakan sosialisasi dan dialog ini sebagai wujud membangun hubungan silaturahmi terhadap pengurus FKUB Provinsi maupun Kabupaten serta kepada segenap perwakilan ormas lintas agama dan pemerintah daerah Kabupaten PolMan.

kegiatan kami ini juga sebagai bentuk syiar agar masyarakat memahami keberadaan dan mengetahui letak kantor FKUB,  Karena selama ini tidak tampak di permukaan, dan tentunya yang menjadi tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai cara menjaga kerukunan umat beragama, sehingga diharapkan di daerah kita tercinta Polewali Mandar ini masyarakat nya hidup rukun dan damai selalu berdampingan walaupun dalam perbedaan agama.

“kita ingin agar FKUB bisa menjadi garda terdepan menjaga kerukunan  dan keutuhan umat beragama khususnya di Polewali Mandar dan Sulawesi Barat, apalagi saat ini dalam situasi  jelang  perhelatan pesta demokrasi pemilu 2024 mendatang.” ungkap H.Lahida yamg bergelar Magister tersebut.

Ia menambahkan terlaksananya sosialisasi dan dialog ini atas petunjuk dan arahan orang tua kami ketua FKUB Provinsi Sulawesi Barat dan tentunya arahan dari pemerintah daerah dalam hal ini Bupati PolMan, Wakil Bupati PolMan, Kesbangpol serta kemenag PolMan selaku pembina.  Menurutnya Dengan kolaborasi ini hingga tercetuslah Dialog yang terlaksana pada hari ini.

“Kerukunan antar umat beragama adalah Harga mati, marilah secara bersama sama kita jaga kerukunan ini.” seru H. Lahida.

Ia menghimbau kepada pemuka Agama, Ormas serta masyarakat agar berjalan sesuai ajaran dan aqidah agama masing-masing, biar tidak terjadi kesilafan dan perpecahan antar umat beragama.

H..Lahida juga menyampaikan Kedepan ini kami rencananya akan membuat kepanitiaan untuk menggelar doa bersama.

“Mari kita doakan masyarakat dan daerah kita agar tidak ada perpecahan dikarenakan adanya perbedaan pilihan pada pesta demokrasi pemilu 2024 mendatang,  Kita harapkan  masyarakat tetap aman, rukun dan damai.” tuturnya.

“Kedepannya bagiamana Kita bermasyarakat sebagai Generasi beragama, toleransi semakin kita tingkatkan, agar daerah kita tercinta Polewali Mandar semakin jago yang artinya memiliki Jiwa Amanah Gairah Optimistis.” ujar H. Lahida.

Sementara itu, Kehadiran Hj. Asliah  Rahim Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Polman Mewakili Pemerintah Daerah menyampaikan agar FKUB Polman  tetap eksis kedepannya, guna memupuk persatuan dan kesatuan lewat perbedaan agama yang ada di Polewali Mandar apalagi negara dan daerah kita akan menghadapi perhelatan pesta demokrasi  pemilu 2024 mendatang.

“Alhamdulilah sudah ada beberapa program kerja  yang telah kita lakukan terkait koordinasi antara FKUB dan Pemerintah daerah Kabupaten Polewali Mandar” ujarnya.

Ia menambahkan, “terus terang saja pada kepengurusan sebelumnya nampak FKUB Polman sepertinya   tak berwujud dalam hal program kerja, namun alhamdulilah pasca pergantian kepengurusan yang disepakati bersama antara, Bupati, Wakil Bupati, Kesbangpol dan Kemenag Polman, kita lihat bersama  mulai dari kantor yang sudah di rehab serta terlihat program kerja  yang telah berjalan serta  yang menjadi rencana agenda kerja FKUB Polman.” terang Hj  Asliah wanita berpenampakan berhijab tersebut.

Selain itu, H. Sahabuddin Kasim Ketua FKUB Sulawesi Barat menyampaikan segala program dan agenda kerja FKUB Polman yang sifatnya positif bagi kerukunan dan keutuhan umat beragama tentunya Kita akan terus beri support serta dukungan.

“Dengan diadakannya sosialisasi dan dialog lintas agama ini, kita tentunya menginginkan kedepan tercipta suasana dan kondisi yang  aman, damai, tidak ada perpecahan antar umat beragama.” pungkasnya.

Pada kegiatan ini dihadiri pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Polewali Mandar, dan diikuti Puluhan Peserta dari Perwakilan Ormas Se- Kabupaten Polewali Mandar, tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat.

Diketahui H. Lahida merupakan Ketua FKUB Kabupaten Polman masa Bhakti 2023-2028, dan memiliki 17 anggota kepengurusan yang di bagi tiga bidang, yakni bidang Perencanaan, Bidang Pendirian Rumah Ibadah serta Bidang Pemeliharaan. (Acho Metro)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *