Aksi Perubahan Aplikasi D-BALATAU Mendapat Apresiasi Dari BNPB

  • Bagikan

WartaAmperak.comPolewaliMandar===== Dalam rangka memudahkan masyarakat dalam memantau potensi bencana di wilayahnya serta pelaporan ke BPBD PolMan (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Polewali Mandar), Andi Afandi Rahman, ST., M.Si Kalaksa BPBD PolMan yang saat ini mengikuti PKN (Pelatihan Kepemimpinan Nasional) Tingkat II Angkatan X Tahun 2022 memilih Aplikasi D’ BALATAU (Digitalisasi Kebencanaan dan Layanan Tanggap Darurat) untuk di terapkan di daerah rawan bencana yang saat ini  piloting locus di 6 Desa yang tersebar di 4 kecamatan di kabupaten Polewali Mandar. Senin, 3/9/2022

“Lambatnya proses pelayanan terhadap korban bencana,
Kurangnya Sumber Daya Manusia baik jumlah maupun kapasitas tim reaksi cepat/TRC dalam pengelolaan data bencana, Belum terbangunnya data berbasis IT. Yang menjadi pertimbangan hadirnya aplikasi D’BALATAU” Terang Kalaksa BPBD PolMan dalam pemaparannya saat launching Aplikasi D’ BALATAU di ruang pola kantor Bupati PolMan.

Inovasi aplikasi juga D’BALATAU juga mendapatkan perhatian dari Direktur Peringatan Dini Deputi Bidang Pencegahan BNPB Ir. Aprial Rosya, MA, .Si, yang hadir lewat Zoom Meeting secara khusus mengucapkan selamat kepada Kalaksa BPBD PolMan atas launchingnya Aplikasi D’BALATAU dan sangat mengapresiasi Inovasi tersebut.

Sekda PolMan Ir. A. Bebas Manggazali mewakili Bupati saat launching Aplikasi D’BALATAU juga sangat mengapresiasi inovasi Kalaksa BPBD PolMan tersebut.

”Aplikasi ini sangat bagus dan kita sangat apresiasi karena di era sekarang ini yang serba digital, dimana semua layanan kedepannya akan menggunakan sistem digital. Dengan Aplikasi D’ BALATAU masyarakat secara mandiri dapat memantau potensi bencana di sekitarnya sekaligus memudahkan melakukan pelaporan apabila kejadian bencana.” Jelas Sekda PolMan.

Launching Aplikasi D’BALATAU selain dihadiri dari Direktur Peringatan Dini, juga Kalaksa BPBD Prop. SulBar, BMKG Prop. SulBar, Kalaksa BPBD se-SulselBar, Staf Ahli Pemkab, 7 Ka. OPD terkait, Rektor Unasman, Bank Sulselbar, PMI, TAGANA, UPTD DAMKAR, KARANG TARUNA, PT. Berlian, LSM Amperak dan Harian Radar Sulbar, Basarnas, SAR Unasman dan Relawan TIK. (ArYa).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *