Menindaklanjuti LKPJ Bupati Komisi IV DPRD PolMan Lakukan Sidak

  • Bagikan

Ketua Komisi IV Dprd PolMan Agus Pranoto saat sidak di Puskesmas

Polewali.WartaAmperak– Komisi IV DPRD PolMan melakukan sidak (inspeksi mendadak) di beberapa Puskesmas baru yakni Puskesmas Anreapi dan Puskesmas Matakali, Kabupaten Polewali Mandar. Senin, 3/5/2021.

Kroscek yang dilakukan Komisi IV DPRD PolMan di 2 Puskesmas tersebut menidaklanjuti LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) Bupati PolMan Tahun Anggaran 2020, dengan melihat langsung fasilitas yang telah dibangun pemerintah Kabupaten Polewali Mandar Tahun Anggaran 2020.

Saat tiba di lokasi pertama Puskesmas Anreapi didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Sukri, Ketua Komisi IV Agus Pranoto dan Anggota DPRD lainnya menanyakan alasan sampai saat ini Puskesmas belum difungsikan padahal menurutnya pembangunan Puskesmas tersebut memakai anggaran 2020 yang seharusnya saat ini sudah harus difungsikan.

“Harusnya puskesmas ini sudah difungsikan sembari menunggu peresmian, kasian loh banyak pasien yang ngantri di Rumah Sakit Umum Daerah Polewali,” Ucap Ketua Komisi Agus Pranoto.

Menurut Agus Pranoto, bangunan akan kelihatan kumuh jika lama tidak digunakan, sangat disayangkan kalau belum difungsikan.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Sukri menjelaskan kendala puskesmas belum difungsikan karena pemasangan listrik yang terlambat, sedangkan dari segi persiapan alat sebagian alat kesehatan sudah ada di Puskesmas Anreapi.

Lanjut, Sukri menjelaskan pembangunan puskesmas Anreapi itu yang menggunakan Dana Alokasi Khusus Afirmasi sebanyak 7,7 Milyar, pembelian alat kesehatan sebanyak 2,6 Milyar dengan Tahun Anggaran 2020, adapun luas Puskesmas tersebut 4200 Meter Persegi dilengkapi ruangan Rawat Inap, ruangan Poli lengkap dan fasilitas ruangan lainnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Komisi IV Abdul Muin mengaku prihatin dengan kondisi puskesmas yang sampai saat ini belum difungsikan, meskipun peresmian bulan 6 nanti menurut Muin seharusnya pelayanan sudah ada.

Dilokasi kedua di Puskesmas Matakali juga dengan kasus yang sama dengan Puskesmas Anreapi, belun difungsikan dengan alasan listriknya belum terpasang.

Selain itu, Puskesmas Matakali yang masih dalam masa pemeliharaan tersebut terdapat kerusakan dibagian palpon yang diduga rusak akibat angin. Namun pihak PPK Dinkes mengaku akan menghubungi pemborongnya untuk segera melakukan perbaikan.

Setelah mengunjungi Puskesmas Anreapi dan Puskesmas Matakali, Rombongan Komisi IV melanjutkan perjalan Rumah Sakit Umum Daerah Pratama Wonomulyo.(A. Metro)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *