Gelar Bincang Kreatif Optimalisasi Seni Musik di Era Digital dan Sosial Media di Polewali Mandar, Ratih Megasari Singkarru Gandeng Kemenparekraf RI

  • Bagikan

PolMan_WartaAmperak.com=== Anggota Komisi X DPR RI Dapil Sulawesi Barat (Sulbar) Ratih Megasari Singkarru Menggandeng Direktorat Musik, Film dan Animasi Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Bincang Kreatif Optimalisasi Seni Musik di Era Digital dan Sosial Media di Polewali Mandar.

Acara tersebut dimulai pukul 08.00 Wita – 13.00 Wita, berlangsung di Hotel Ratih Polewali Mandar (Polman), Kamis (4/5/23)

Pelaksanaan Bincang Kreatif ini diiikuti oleh 60 Peserta yang terdiri dari pelaku UMKM dan pelaku Pariwisata di Kabupaten Polewali Mandar

Yang diawali dengan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan do’a serta pertunjukan tari pembuka yang menyuguhkan Tari Bala Tau dibawakan oleh para penari dari Sanggar Seni Laut Biru.

Dan acara secara resmi dibuka Ratih Megasari Singkarru Anggota Komisi X DPR RI, turut dihadiri Ibu Tetra Tianiafi, Koordinator Penerbitan dan Perikalan, Kemenparekraf RI, juga Plt. Kepala Dinas Pemuda, Kebudayaan dan Pariwisata (DISPOP) Kab. Polewali Mandar DR. Aco Musaddad HM,

Serta menghadirkan narasumber Juang Manyala, Praktisi Industri Musik

Ratih Megasari Singkarru, Anggota Komisi X DPR RI dalam sambutannya menyampaikan Kebudayaan sejatinya memiliki peran yang sangat krusial bagi pengembangan suatu wilayah, kebudayaan dapat menjadi jalan untuk melakukan diplomasi antar negara juga secara lebih luas menjadi wajah negara di mata dunia.

“Polewali mandar telah memiliki banyak potensi pariwisata yang terus tumbuh dan bermunculan, kondisi ini tentu dapat menjadi pintu untuk mendorong pengembangan dari sektor lain, pengembangan ini diharapakan dapat bermula dari desa yang menjadi tonggak ekonomi.” Ujar Ratih.

Lanjut ia mengatakan, dengan terlaksananya kegiatan ini maka diharapkan Kemenparekraf RI dapat membantu menyediakan wadah untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Polewali Mandar sehingga daerah ini dapat membuka pintu selebar-lebarnya agar dikenal secara lebih luas.

Tak hanya itu, Legislator Partai Nasdem ini juga berpesan kepada pemerintah daerah setempat, untuk dapat merawat dan mempertahankan lokasi pariwisata khususnya di kabupaten Polman agar tetap menarik bagi para wisatawan.

Sementara itu, Tetra Tianiafi Koordinator Penerbitan dan Periklanan, Kemenparekraf RI, dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur dapat berkunjung di Polewali Mandar untuk pertama kalinya bersama dengan tim.

Lanjut, ia mengatakan, Kegiatan ini membawa misi dari Menteri Kemenparekraf RI, untuk terus mengakselerasi pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdapat di Indonesia.

“Menteri Kemenparekraf memiliki target untuk mengembangkan sebanyak 4,4 jt pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia nantinya.” tutur Srikandi bergelar magister ilmu komunikasi tersebut.

Berdasarkan hal tersebut kemudian kegiatan ini diselenggarakan guna membantu mengembangkan pariwisata dan ekomoni kreatif dari Polewali Mandar.

Polewali Mandar memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, sehingga kemudian menjadi tugas bagi pemerintah dalam hal ini Kemenparekraf bersinergi dengan pemerintah setempat untuk mendorong pengembangan hal tersebut.

Ia menegaskan bila pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan menjadi salah satu sumber untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Selain itu, Plt. Kepala DISPOP Polman, Dr Aco Musaddad. HM berharap Kegiatan ini menjadi sebuah titik awal untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di Kabupaten Polewali Mandar.

“Salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mengembangkan sektor pariwisata adalah dengan membuat paket wisata yang kemudian dapat disodorkan pada pihak swasta untuk dikelola dan membantu pengembangan produk wisata agar lebih maksimal” terang Dr. Aco yang juga menantu wakil bupati polman tersebut.

Dalam kegiatan ini dirangkaikan penyerahan cinderamata oleh kemenparekraf RI kepada anggota komisi X DPR RI, Narasumber dan Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Polewali Mandar. (acho metro)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *