1 Syawal 1442 H. Islam Aboge Pada Hari Jum’at

  • Bagikan

Banyumas.WartaAmperak–Gema Takbir menandai Perayaan Idhul Fitri bagi Islam Aboge pada yang menurut kelender Jawa Aboge yang telah dipergunakan secara turun temurun di mulai dari Alif, Rabu, Wage, hingga perhitungan mereka 1 Syawal 1442 Hijriyah jatuh pada hari ini. Jum’at 14 Mei 2021.

Islam Aboge atau Alif-Rebo-Wage (ABO-GE) suatu aliran yang Islam yang diajarkan oleh Raden Rasid Sayid Kuning. Islam Abode berbeda dengan umat muslim lainnya, penganut Islam Aboge menggunakan kalender Alif Rebo Wage dalam menentukan tibanya hari besar Islam seperti Idhul Fitri dan Idhul Adha, meskipun tidak jarang pelaksanaannya juga bersamaan dengan umat Islam lainnya.

Pelaksanaan dan perayaan Idhul Fitri Islam Aboge dilaksanan dengan tetap mengikuti himbauan pemerintah agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Bahkan sebelum pelaknaan Shalat Idhul Fitri mesjid yang akan dipergunakan di semprot terlebih dahulu dengan disinfektan.

Joko Panitia pelaksana shalat Idhul Fitri mengatakan, “untuk pelaksanaan shalat dilksanakan didalam masjid dengan tetap mematuhi anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan.” Ujarnya (arya).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *